BATIK - Si Cantik dari Indonesia

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa). Yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia sejak dahulu kala.

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang, bahkan sampai saat ini beberapa motif batik tradisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Namun banyak orang yang salah memahami atau belum tau makna dari batik itu sendiri. Sejatinya kata "Batik" berasal dari bahasa Jawa yaitu "Dimbat mboko sitik" yang artinya "Dikerjakan sedikit demi sedikit" maka dari itu proses pembuatan batik memerlukan waktu yang lama, apalagi batik tulis.

Peresmian batik Indonesia sebagai warisan budaya oleh dunia internasional melalui United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 2009 lalu menuntut masyarakat Indonesia agar lebih bertanggung jawab dalam mempertahankan kelestarian batik sebagai sebuah warisan budaya yang tidak ternilai harganya.

Demi pelestarian dan pengembangan batik sebagai warisan budaya bangsa yang adiluhung, salah satu cara pelestarian agar anak cucu dapat mengetahui, mempertahankan dan kreatif memanfaatkan seni kriya batik adalah mengajarkan seni kriya batik di sekolah sekolah atau mendirikan kursus batik di luar sekolah.

MARI SAMA-SAMA KITA LESTARIKAN BUDAYA INDONESIA AGAR TIDAK PUNAH

Kategori : Budaya

Video Terkait