Alam Indonesia : Curug Lontar Bogor

Curug Lontar di Desa Kracak, Kabupaten Bogor memiliki debit air terjun yang cukup deras dengan ketinggian sekitar 35 meter sepanjang tahun. Merupakan bagian dari sungai Cianten yang berasal dari pegunungan Halimun-Salak dan menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Kracak sejak Zaman Penjajahan Belanda sekitar tahun 1926.

Sungai ini terhubung dengan aliran sungai Cikaniki dan bermuara ke aliran sungai besar Cisadane. Meski pesona alam sekitarnya indah menggoda untuk bersantai dan berenang karena airnya yang bersih dan segar, namun menurut warga sekitar yang kebetulan bertemu dengan kami menyarankan untuk tidak berenang di daerah pancuran air terjun karena sering terjadi korban hilang.

Di bawah kucuran penampungan air terjun terdapat kubangan yang luas, diperkirakan sekitar 7000 meter persegi dan kedalamannya konon katanya hingga 26 meter. Bagi yang tidak bisa berenang akan tenggelam langsung masuk ke kubangan dan sulit untuk ditemukan kalau bukan warga sekitar atau tidak berpengalaman.

Selain itu, perlu diperhatikan bagi siapa saja yang berkunjung ke Curug Lontar untuk lebih hati-hati ketika berenang di pinggiran sekalipun yang bukan kubangan. Sebab menurut cerita masyarakat sekitar sering terjadi banjir bandang bila debit air naik di hulu sungai (Halimun - Salak).







Kategori : Alam
Pembuat : Rekam Indonesia
Label : alam curug lontar