Toleransi dalam Semangkuk Soto

"Toleransi dalam semangkuk Soto"

Masakan khas yang tidak boleh kita lewatkan ketika berkunjung ke Kudus, Jawa Tengah adalah Soto Kudus dan Nasi Pindang Kudus. Sangat berbeda dengan soto dan nasi pindang pada umumnya, soto dan nasi pindang di Kudus memiliki ciri khas yaitu menggunakan daging kerbau sebagai bahannya.

Ada kisah menarik dibalik masakan masakan Kudus yang banyak sekali menggunakan daging kerbau sebagai bahannya. Bermula dari Sunan Kudus yang menganjurkan untuk tidak mengonsumsi daging sapi. Karena sapi merupakan hewan yang sangat dihormati oleh umat agama Hindu yang merupakan agama mayoritas pada saat itu. Hal tersebut sebagai bukti besarnya rasa toleransi antar umat beragama pada saat itu.

Seperti itulah masakan warisan para leluhur, tak hanya soal cita rasa namun ada pula kisah dan makna yang terkandung di dalamnya.

Kuliner khas Indonesia bukan hanya sekedar masakan saja, namun merupakan ciri khas Nusantara yang harus kita jaga dan kita lestarikan bersama

Video : Agus Nawawi

Editor : Agus Nawawi

Kamera : 100% kamera ponsel

#RekamIndonesia #BanggaIndonesia #untukIndonesia #merekambudaya #PeduliBudayaNusantara @gnfi @rekam_indonesia @telkomindonesia

Kategori : Budaya
Pembuat : Agus Nawawi

Video Terkait