Omah Godong - Eco Print

Omah Godong adalah industri Rumahan Eco Printing yang di miliki oleh Ibu Himawati Adiapsari yang berada di jalan Veteran no. 546 Miagan Mojoagung Jombang.

Eco printing adalah teknik cetak yang memanfaatkan pewarna alami. Teknik ini prosesnya sederhana dan tidak melibatkan mesin atau cairan kimia. Teknik eco printing biasa diaplikasikan pada bahan berserat alami seperti kain kanvas atau katun yang mampu menyerap warna dengan baik.

Terdapat beberapa teknik eco printing yang biasa dipakai yaitu dengan menata daun atau bunga pada selembar kain kemudian menggulungnya di sekeliling batang kayu kemudian dikukus, memfermentasi daun dan bunga untuk mengekstrak pigmen warna yang ada di dalam tanaman tersebut dan yang paling sederhana yaitu memukulkan daun atau bunga ke atas kain menggunakan palu.

Pada acara Sholawatan Air Hujan 16-17 Desember 2018 di desa karangwinongan Mojoagung, Omah Godong berkesempatan untuk memperkenalkan dan memberi pelatihan tentang eco print atau pewarnaan alami yang ramah lingkungan kepada pengunjung dan masyarakat sekitar.

Eco print mempunyai keunikan dan kelangkaan tersendiri di karenakan proses perwarnaan hanya bisa di lakukan sekali dan tidak bisa di ulang kembali, jadi apabila melakukan proses pewarnaan berkali-kali bisa di pastikan hasil pewarnaannya tidak bisa sama satu dengan lainnya, pungkas Ibu Himawati Adiapsari pemilik Omah Godong Eco Print.



Kategori : Budaya
Pembuat : Ahmad fathoni